Salamat hari Pancasila buat pulau Jawa, Madura dan Sumatera.

Posted on Updated on

Foto Alexander Nekenem.

Pancasila punya siapa? RI atau NKRI?


Kalau RI, kembalikanlah pancasila dan merah putih ke pemiliknya yang sah, karena isi perjanjian linggarjati, perjanjian roem royen dan konperensi meja bundar menyatakan secara de facto dan de jure wilayah kekuasaan RI adalah Jawa, Madura dan sebagian Sumatera.

Kalau pancasila punya NKRI.

Adakah surat penyerahan kedaulatan kepada NKRI?
Dimana wilayah sah NKRI?
Apa dasar hukum NKRI?
Adakah undang undang dasar NKRI?
Tahun berapakah NKRI terbentuk?

Apakah pancasila punya Maluku, Papua dan Sulawesi?
TIDAK!

Maluku, Papua, dan Sulawesi tidak mempunyai hubungan ketatanegaraan dengan RI.
Maluku, Papua dan Sulawesi tidak mempunyai hubungan ketatanegaraan dengan Republik Indonesia Serikat.
Maluku, Papua dan Sulawesi juga tidak mempunyai hubungan ketatanegaraan dengan NKRI, karena NKRI baru terbentuk pada tanggal 17 agustus 1950 oleh Ir. SOEKARNO, ketika dia melikuidasikan Republik Indonesia Serikat menjadi sebuah nama “NKRI” di Jakarta pada tanggal 15 Februari 1950.

Bagi Rakyat West Papua ideologi unik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, dengan ada kesadaran akan hal ideology Pancasila.
Pada 01 Juni 1945 – 01 Juni 2017 merupakan Hari Pancasila, sebab Pancasila di Papua itu pemilik falsafahnya sendiri sudah menginjak-injak pakai sepatu laras dan bayonet, cabik-cabik buang di got, tidak ada arti.
Saya bangga dengan Pancasila, tetapi tidak dengan Indonesia yang menggunakan Pancasila sebagai ideologi negara. Momentum satu tahun yang lalu, ketika saya berteriak di jalan agar ideologi negara harus di jaga dan di terapkan karena itu merupakan jati diri anak bangsa dan negaranya sendiri. 
Tetapi, semua hanya simbol semata yang mungkin hanya diterapkan oleh seberapa daerah, di Papua khususnya nilai-nilai Pancasila, sungguh hanya sebatas simbol dan tulisan tetapi tidak pernah di terapkan dalam kehidupan orang Papua.
Perjalanan panjang Soekarno di Indonesia Timur, khusus Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadilkan peristiwa sejarah Indonesia. Pancasila dan Burung Garuda adalah hasil yang diberikan secara cuma-cuma dari adat dan budaya bangsa Timur kepada negara bekas.
Jajahan Hindia – Belanda yang kini Indonesia namun Soeharto bersekongkol dengan Tahayul dan Penjahat Militer, membunuh dan menginjak-injak bangsa Timur, pemilik pusaka negeri ini.
Bangsa Timur bangsa Inlander Nusantara, pemilik tanah Nudantara sebelum kedatangan bangsa China dan Melayu ke Nusantara. Jasmerah jangan sekali-kali meninggslkan sejarah.
Aku telah belajar untuk diam dari orang yang banyak omong, belajar toleran dari orang yang tidak toleran, dan belajar menjadi ramah dari orang yang tak ramah, namun, sungguh aneh, aku tak berterima kasih pada orang –orang ini.
Oleh sebab itu, Hari Pancasila 01 Juni 1945 – 01 Juni 2017 sebagai symbol yang mesti di rayakan karena secara realitanya menjadi kehancuran bagi bangsa dan rakyatnya. Namun, pancasilanya dan ideologi bangsa di seluruh dunia hanya sebagai simbol semata negara – negara lain, baik daerah, nasional bhkan internasional atau dunianya.
Penulis: Aktivis KNPB Alexander Nekenem

Tinggalkan komentar